Rabu, 24 Februari 2016

Ini Dia 7 Realita Menarik Terkait Lontong Cap Go Meh


Semarak Th. Baru Imlek selamanya disudahi dengan perayaan Cap Go Meh pada hari ke 15, yg th. ini jatuh pada hari Senin (22/2), selanjutnya.

Apabila penduduk di Tiongkok menghidangkan mi sebagai simbol peruntungan sekalian doa, perayaan Cap Go Meh di Indonesia malahan lekat dengan sajian lontong cap go meh.

Dibawah ini, kami hadirkan 7 realita menarik berkenaan lontong cap go meh yg benar-benar khas peranakan Tionghoa Indonesia.

http://www.ditarik.com/2016/02/dampak-apa-yang-didapatkan-karena-musik.html
http://www.ditarik.com/2016/02/artis-saipul-jamil-mengaku-atau-tidak.html
http://www.ditarik.com/2016/02/ini-belanja-yangtak-sehat-untuk.html
http://www.ditarik.com/2016/02/ssst-ini-beberapa-ciri-pria-homoseksual.html
http://www.ditarik.com/2016/02/bahaya-rokok-ganja-jangan-dicoba.html
http://www.ditarik.com/2016/02/cari-tahu-cara-memikat-hati-calon-ibu.html
http://www.ditarik.com/2016/02/ga-harus-mahal-dan-sakit-kecilkan-pori.html
http://www.ditarik.com/2016/02/waspada-film-kartun-pada-anak-bisa.html
http://www.ditarik.com/2016/02/dibalik-alasan-gojek-mulai-banyak.html
http://www.ditarik.com/2016/02/jokowi-berbagi-pengalaman-memberantas.html
http://www.ditarik.com/2016/02/kenapa-generasi-muda-tidak-suka.html
http://www.ditarik.com/2016/02/boy-sadikin-dirangkul-gerindra-kontra.html
http://www.ditarik.com/2016/02/demi-pns-guru-honorer-siap-ditempatkan.html
http://www.ditarik.com/2016/02/bisakah-botol-kemasan-plastik-dipakai.html
http://www.ditarik.com/2016/02/nah-ladies-berikut-adalah-tips-tetap.html
http://www.ditarik.com/2016/02/inikah-penampakan-sertifikat-halal.html
http://www.ditarik.com/2016/02/kapan-ahok-membersihkan-kalijodo-dari.html

Disukai banyak orang dari Semarang

Sajain lontong cap go meh terwujud di tengah-tengah budaya majemuk penduduk Semarang akhir masa 19, selagi kolonial Belanda jadikan kota itu sebagai salah satunya pusat niaga di Hindia Belanda.

Mendapat inspirasi Ketupat Opor Ayam

Penduduk Tionghoa di Semarang akhir masa 19 hidup rukun dengan umat Muslim Jawa yg punya adat perayaan Lebaran Ketupat, 15 hari sesudah Idul Fitri.

Dalam perayaan itu, ketupat serta opor ayam merupakan hidangan khas yg ikut membius indera pencecap penduduk Tionghoa setempat.

Lontong serta Bln. Purnama

Meskipun sama-sama meyajikan opor ayam, tapi perayaan Cap Go Meh ganti posisi ketupat dengan lontong, yg dinilai menyerupai dengan bentuk bln. purnama selagi dipotong. Sebagai kabar, Cap Go Meh selamanya dirayakan selagi bln. purnama dikarenakan di kira bln. barokah.

Tak Memberikan Mi

Di masa kolonial Belanda, gandum tak saat disukai banyak orang di Indonesia dan cukup seulit mencarinya. Apabila buat mi dari beras, jadi teksturnya semakin tambah berat serta lengket.

Oleh karena itu, penduduk Tionghoa menggantinya dengan lontong dari beras dikarenakan gampang di cari serta sama sesuai lidah mereka yg sudah menyesuaikan dengan kultur lokal.

Legenda Sam Po Kong

Sam Po Kong atau Laksamana Cheng Ho sebagai seseorang Muslim utusan negeri Tiongkok yg bertandang ke Jawa pada masa 14, serta memohon sajian halal buat perayaan Cap Go Meh.

Bawahannya selanjutnya membawakan sama dengan sup ayam berkuah santan, bukanlah opor, padanya, serta konon sebagian besar di percayai sebagai semula lontong cap go meh, meskipun belum valid.

Mesti Terisi Penuh

Ada yg menyebutkan hal semacam ini sebagai doa buat memohon rizki melimpah, tapi ada pula yg menyebutkan dikarenakan tergoda tradisi penduduk Jawa.

Tradisi umum di penduduk Jawa merupakan menghidangkan makanan atau minuman mesti dalam jumlah penuh sebagai bentuk rasa sukur atas tersedianya pangan yg di sediakan oleh Tuhan.

Lain Lokasi, Lain Isian

Biasanya, lontong cap go meh yg disukai banyak orang di negeri ini mengambil jenis masak Semarang, yaitu berisikan lontong serta opor ayam dengan penambahan sajian khas sate serta serundeng.

Di Jawa Timur, lontong cap go meh datang dengan penambahan telur petis berwarna kehitaman. Dan di Singkawang, acapkali kali isian opornya ditukar daging babi atau ikan laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar